Keindahan Tercipta Dari Perjuangan

Rumah Berputar 360 Derajat

Rumah Berputar 360 Derajat

Rumah Berputar 360 Derajat

WINGHAM, KOMPAS.com — Suami-istri di Australia ini membangun sebuah rumah unik yang dapat berputar mengikuti arah matahari.

Rumah milik Luke dan Debbie Everingham di Wingham, New South Wales, Australia, itu dapat berputar dalam satu lingkaran penuh atau 360 derajat. Rumah itu dibangun di atas sebuah meja putar sehingga memungkinkannya bergerak mengikuti matahari.

Kamar-kamar dari bangunan berbentuk oktagonal (bersegi delapan) itu didesain untuk mendapat banyak cahaya, dan berkat bentuknya yang unik, kamar-kaman ini juga tampak lebih luas. Semua kamar dikaitkan dengan sebuah besi utama dan sambungan listrik di sekitar rumah.

Mekanisme perputaran digerakkan oleh dua mesin listrik kecil yang memiliki daya tidak lebih besar dari yang digunakan sebuah mesin cuci dan dikontrol dengan menggunakan sebuah panel layar sentuh.

Pasangan itu, yang menghabiskan dana sekitar Rp 6 miliar untuk mendesain dan membangun rumah itu, mengungkapkan, ide pembangunan rumah itu lahir saat mereka berdiskusi dengan tetangga tentang rumah baru mereka. Para tetangga mengusulkan agar mereka membangun rumah yang menghadap 15 derajat ke utara.

Debbie Everingham menimpali usul itu dengan mengatakan, “Mengapa tidak membangun sebuah rumah yang dapat berputar.” Suaminya, Luke Everingham (47), tertantang. Luke mengatakan, “Langsung saja saya berpikir. Pertama soal berat. Rumah rata-rata beratnya mencapai 20-30 ton. Berat tidak sulit, (itu urusan) mekanik dan rakayasa struktural. Bentuk? Bentuk konvensional berupa prisma empat persegi panjang tidak cocok. Setelah mencoba dengan gambar skala untuk menyelidiki bentuk oktagonal dan lingkaran, saya terkejut. Sejumlah desain dan layout awal tercipta.”

Properti yang berdiameter 24 meter itu juga memiliki beranda sepanjang tiga meter di sekelilingnya. “Ini merupakan sebuah tempat magis untuk tinggal karena Anda bisa mendapakan hasil yang maksimal dari cuaca dan lingkungan sekitar. Masalahnya hanya, Anda kadang-kadang mengalami disorientasi,” kata Luke Everingham sebagaimana dilansir Dailymail, Senin.

Sumber: Kompas

Comments on: "Rumah Berputar 360 Derajat" (2)

  1. jadi pengen punya ^_^

    mungkin suatu saat nanti boleh dicoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: