Keindahan Tercipta Dari Perjuangan

Hilal

Umat Islam menggunakan hilal sebagai acuan untuk menentukan awal bulan Islam. Kini umat Islam telah berada pada bulan Muharram tahun 1431 H, berarti telah ada 17161 kali hilal pernah ada di langit. Namun belum banyak umat Islam yang pernah menyaksikan sosok hilal dengan mata kepala sendiri. Pengamatan sistematis di beberapa tempat yang tersebar luas di bola Bumi sangat diperlukan untuk membangun sains dan pengetahuan tentang hilal. Hingga saat ini masih terdapat perbedaan dalam penentapan awal bulan Islam oleh ormas Islam di Indonesia. Adanya perbedaan penetapan awal bulan itu berarti juga terdapat perbedaan waktu penyelenggaraan ibadah awal shaum Ramadlan, shalat Idul Fitri, Idul Adha umat Islam di Indonesia. Perbedaan waktu penyelenggaraan ibadah itu melahirkan sebuah harapan adanya penyatuan kalendar Islam. Sebuah harapan atau impian umat Islam tentang Kalendar/ Penanggalan Islam itu adalah terwujudnya sebuah kalendar Islam yang mempunyai kepastian lebih baik dan lebih tertib, untuk keperluan jadual ibadah, administrasi dan keperluan transaksi lainnya, diterima dan dipergunakan oleh masyarakat, terutama masyarakat Islam di seluruh Indonesia maupun di seluruh dunia.

(1) Penyatuan Penanggalan Islam akan memberikan ketenangan (menghilangkan keragu-raguan) dan memberikan kekhusu’ an masyarakat Islam dalam beribadah, misalnya dalam mengawali dan mengakhiri shaum Ramadhan, panitia pembagian zakat fitrah, pelaksanaan shaum sunnah pertengahan bulan dan shaum Arafah.

(2) Implikasi penyatuan calendar/penanggala n Islam mengandung jadual ibadah yang unik sehingga menciptakan suasana bermasyarakat menjadi lebih tertib, menjadi lebih nyaman tidak terjadi perdebatan/ketegang an yang tidak diperlukan dalam kehidupan bertetangga dan berkeluarga maupun antar ormas Islam.

(3) Penyatuan Penanggalan Islam akan memberi kepastian Jadual hari – hari libur nasional, penetapan jadual cuti bersama. Pimpinan negara sangat memerlukan sebuah taqwim standart/nasional untuk menjalankan program – program pemerintahan.

(4) Penyatuan Penanggalan Islam diperlukan untuk kepastian transaksi dalam perBank-an dengan basis kalendar/penanggala n Islam yang secara hukum dapat dipertanggung jawabkan dalam kesatuan wilayah hukum negara.

Penyatuan Kalendar/Penanggala n Islam makin dirasakan perlu dan merupakan sebuah kebutuhan umat Islam di Indonesia dan di seluruh dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya upaya – upaya untuk menyelesaikan sumber – sumber penyebab keberagaman kalendar/penanggala n Islam. Penyatuan Kalendar/Penanggala n meliputi kawasan luas dalam negeri atau nasional, regional maupun internasional, oleh karena itu memerlukan sebuah proses yang cukup panjang.

Informasi Lanjut : seminarhilal2009. wordpress. com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: